Informasi Teknologi Mengenal Cloud Computing teknomediatama.blogspot.com

Informasi Teknologi Mengenal Cloud Computing teknomediatama.blogspot.com - Hallo sahabat Info Teknologi Terbaru, Pada Artikel yang anda baca kali ini dengan judul Informasi Teknologi Mengenal Cloud Computing teknomediatama.blogspot.com , kami telah mempersiapkan artikel ini dengan baik untuk anda baca dan ambil informasi didalamnya. mudah-mudahan isi postingan Artikel Cloud Computing, Artikel Komputer, yang kami tulis ini dapat anda pahami. baiklah, selamat membaca.

Judul : Informasi Teknologi Mengenal Cloud Computing teknomediatama.blogspot.com
link : Informasi Teknologi Mengenal Cloud Computing teknomediatama.blogspot.com

Baca juga


Informasi Teknologi Mengenal Cloud Computing teknomediatama.blogspot.com

Assalamu'alaikum teman-teman blogger. sudah sering kita mendengar istilah cloud computing atau bahasa Indonesia nya komputasi awan. apa sih komputasi awan itu. secara sederhana cloud computing adalah layanan teknologi informasi yang dapat diakses oleh pelanggannya melalui jaringan internet. cloud merujuk kepada simbol awan yang di dunia IT digunakan untuk menggambarkan jaringan internet.


Sejarah cloud computing 

Saat John Mc Carthy seorang Pakar komputasi MIT yang dikenal juga sebagai salah satu pionir intelejensia buaatan, menyampaikan visi bahwa "Suatu hari nanti komputasi akan menjadi infrastuktur publik seperti listrik dan telepon". dari sinilah ide awal dari cloud computing berasal, ini terjadi sekitar tahun 1960-an.

Namun pada tahun 1995, Larry Ellison, sang pendiri Oracle, memunculkan ide "Network computing" sebagai kampanye untuk menggugat monopoli Microsoft yang pada saat itu merajai desktop computing dengan Windows 95-nya.

Popularitas cloud computing semakin meningkat pada awal tahun 2000-an. Marc Benioff ex VP Oracle, meluncurkan layanan aplikasi CRM (Customer Relationship Management) dalam bentuk software as a service. dengan misinya yang terkenal yaitu "The End of Software" Benioff berhasil mewujudkan visi Larry Ellison tentang Network Computing menjadi kenyataan.

Mulai pada tahun 2005 nama-nama besar seperti Amazon meluncurkan Amazon EC2 (Elastic Compute Cloud), Google dengan Google App Engine-nya dan tak ketinggalan IBM meluncurkan Blue Cloud Initiative.

Karakteristik Cloud Computing 

1. Broad Network Access
Layanan Cloud Computing harus dapat diakses darimana saja, kapan saja asalkan kita terhubung ke layanan jaringan internet.

2. Resource Pooling 
Layanan Cloud Computing harus tersedia secara terpusat dan dapat membagi sumber daya secara baik dan efisien.

3. On Demand self service
Pengguna dapat berlangganan layanan yang dia butuhkan saja dan membayar untuk yang mereka gunakan saja.

4. Elastis/scalable 
Pengguna bisa menambah atau mengurangi jenis dan kapasitas layanan yang ia inginkan kapan saja dan sistem selalu bisa mengakomodir perubahan tersebut.

Kelebihan Cloud Computing 

1. Membuat manajemen dan operasional menjadi mudah karena sistem pribadi/perusahaan yang tersambung dalam satu cloud dapat diatur dengan mudah.
2. Menghemat biaya investasi awal untuk pembelian sumber daya.
3. Menjadikan kolaborasi yang terpercaya dan lebih ramping.

Adapun kekurangan Cloud Computing:
Komputer akan menjadi lambat jika internet bermasalah dan perusahaan yang menyewa layanan cloud computing tidak punya akses langsung ke sumber daya. semua tergantung dari kondisi vendor layanan cloud computing.


Dari tulisan diatas. bisa kita tarik kesimpulan bahwa cloud computing adalah suatu layanan yang berbasis pada jaringan internet atau bisa disebut juga layanan sumber daya. semoga tulisan ini bermanfaat.



Demikian Artikel Informasi Teknologi Mengenal Cloud Computing teknomediatama.blogspot.com

kami buat
dan sekian artikel Informasi Teknologi Mengenal Cloud Computing teknomediatama.blogspot.com kali ini, mudah-mudahan bisa memberi manfaat untuk anda semua. baiklah, sampai jumpa di postingan artikel lainnya.

Anda sekarang membaca artikel Informasi Teknologi Mengenal Cloud Computing teknomediatama.blogspot.com dengan alamat link Informasi Teknologi Mengenal Cloud Computing teknomediatama.blogspot.com

0 Response to "Informasi Teknologi Mengenal Cloud Computing teknomediatama.blogspot.com "

Post a Comment