Judul : Informasi Teknologi Materi Lengkap Sistem Kemudi TKR Otomotif teknomediatama.blogspot.com
link : Informasi Teknologi Materi Lengkap Sistem Kemudi TKR Otomotif teknomediatama.blogspot.com
Informasi Teknologi Materi Lengkap Sistem Kemudi TKR Otomotif teknomediatama.blogspot.com
Materi Lengkap Sistem Kemudi TKR Otomotif -Sistem kemudi menurut saya adalah sistem yang penting dalam kendaraan. Sistem kemudi berfungsi agar pengemudi dapat mengendalikan kendaraan sesuai dengan keinginan pengemudi dengan tepat dan dengan sedikit tenaga. Kalau jaman dulu belum ada power steering yang tentunya membuat kemudi kendaraan berat akan terasa sangat berat maka dijaman moderen yang perkembangan ilmu pengetahuannya berkembang sangat cepat maka kemudi di kendaraan berat akan terasa ringan, apalagi sekarang banyak komponen yang menggunakan komponen elektronik.
Bagi siswa otomotif apalagi yang baru belajar dan mengenal dunia otomotif tentu penasaran dan ingin segera belajar, hehe dan kali ini saya memiliki kesempatan untuk dapat membahas artikel yag berisi materi sistem kemudi untuk kalian para siswa TKR, kalian yang kuliahh jurusan otomotif dan semua masyarakat umum yang membaca artikel saya ini.
Sebelum menginjak materi selanjutnya kalian harus mengetahui beberapa komponen sistem kemudi yaitu :
Dari dua jenis sistem kemudi diatas memang memiliki kelebihan sendiri-sendiri namun sistem kemudi power steering sudah diterapkan di banyak mobil dan malah jarang ada mobil dengan kemudi manual, itupun pasti mobil keluaran lama.Berikut uraian dari 2 jenis sistem kemudi di atas :
Keuntungan dari Recilculating Ball adalah ukuran komponen besar, keausan kecil karena terdapat oli pelumas dan tenaga yang diperlukan saat memutar roda kemudi lebih ringan.
Kelebihan rack and pinion adalah konstruksinya yang lebih sederhana dibandingkan recilculating ball dan ketika pengemudi menggerakan roda kemudi akan terasa ringan. Kekurangannya roda gigi cepat aus dan hanya cocok untuk kendaraan kecil
Sekian artikel saya kali ini yang membahas materi lengkap sistem kemudi jurusan TKR otomotif. Memang artikel ini saya buat atas berbagai referensi dan berbagai gambar di internet yang bertujuan agar semakin jelas ulasan dari saya. Semoga bermanfaat.
Sumber :
Wikipedia.org
http://torquespecs.tripod.com/mustang_1994-98_sus-strg.htm
http://m-edukasi.kemdikbud.go.id/online/index.php?idkarla=61
Google images and other site.
Bagi siswa otomotif apalagi yang baru belajar dan mengenal dunia otomotif tentu penasaran dan ingin segera belajar, hehe dan kali ini saya memiliki kesempatan untuk dapat membahas artikel yag berisi materi sistem kemudi untuk kalian para siswa TKR, kalian yang kuliahh jurusan otomotif dan semua masyarakat umum yang membaca artikel saya ini.
Sebelum menginjak materi selanjutnya kalian harus mengetahui beberapa komponen sistem kemudi yaitu :
- Steering Wheel yaitu roda kemudi
- Steering Main Shaft yaitu penghubung steering wheel dan steering gear
- Tie Rod yaitu penghubung antara roda dan tie rod end dan di tierod terdapat ulir untuk melakukan spooring ban agar senter.
- Pitman Arm yaitu berfungsi untuk meneruskan tenaga dari roda gigi sektor ke tierod (di recilculating ball)
- Relay Rod berfungsi untuk menghubungkan pitman arm dan tie rod end
- Steering Knuckle yaitu yang terpasang pada poros ball joint (lower arm biasanya) dan dalam steering knuckle juga terdapat bearing. Fungsi steering knuckle adalah sebagai poros putaran roda.
- Idler arm berfungsi untuk membatasi gerakan dan juga sebagai pemegang tambahan relay rod
- Masih banyak lagi komponen lainnya yang dapat anda lihat dimana letak berbagai komponen sistem kemudi pada 5 gambar di bawah ini :
Jenis Sistem Kemudi :
Sistem Kemudi Manual
Kelemahan sistem kemdui manual adalah pengemudi harus mengeluarkan tenaga yang banyak untuk menggerakan roda atau kemudi lebih berat dan akan membuat pengemudi cepat lelah dan bisa saja dapat membahayakan pengemudi.Sistem Kemudi Power Steering
Power Steering akan menambah kekuatan pengemudi dengan memanfaatkan teknologi hydraulic. Kelebihan power steering adalah meringankan pengemudi dan dapat mengendalikan kendaraan lebih stabilDari dua jenis sistem kemudi diatas memang memiliki kelebihan sendiri-sendiri namun sistem kemudi power steering sudah diterapkan di banyak mobil dan malah jarang ada mobil dengan kemudi manual, itupun pasti mobil keluaran lama.Berikut uraian dari 2 jenis sistem kemudi di atas :
Sistem Kemudi Manual (Steering Gear)
Sistem kemudi manual dapat dipecah lagi atau dibedakan menjadi 2 karena ada dua jenis alat yang digunakan yaitu tipe Recirculating Ball dan tipe Rack and Pinion.
Recilculating Ball
Kita bahas tipe yang pertama yaitu recilculating ball, cara kerja recilculating ball adalah tenaga putar dari roda kemudi diteruskan ke gear box recilculating ball. Didalam gear box tersebut ulir roda gigi yang seperti cacing yang disebut wormshaft dan akan menggerakan mur yang disebut ball nut dan ball nut akan meneruskan tenaga menuju sector gear hingga diteruskan ke tie rod oleh pitman arm.
Keuntungan dari Recilculating Ball adalah ukuran komponen besar, keausan kecil karena terdapat oli pelumas dan tenaga yang diperlukan saat memutar roda kemudi lebih ringan.
Bagian-Bagian Recilculating Ball |
Bagian-Bagian Recilculating Ball |
Bagian-Bagian Recilculating Ball |
Worm gear atau roda gigi cacing |
Rack and Pinion
Waktu roda kemudi diputar maka pinion akan berputar dan akan menggerakan rack ke kanan atau kekiri sesuai dengan putaran roda kemudi.Kelebihan rack and pinion adalah konstruksinya yang lebih sederhana dibandingkan recilculating ball dan ketika pengemudi menggerakan roda kemudi akan terasa ringan. Kekurangannya roda gigi cepat aus dan hanya cocok untuk kendaraan kecil
Gambar dan Nama Komponen Kemudi Tipe Rack and Pinion |
Ilustrasi Sederhana Kemudi Tipe Rack and Pinion |
Ilustrasi Sederhana Kemudi Tipe Rack and Pinion |
Komponen Sistem Kemudi
Komponen sistem kemudi memang ada banyak dan terus berkembang dan berikut komponen yang terdapat pada sistem kemudi.
Steering Column
Batang kemudi terdiri main shaft yang meneruskan putaran yang dilakukan pengemudi ke steering gear. Steering Column tiap mobil dapat berbeda beda sesuai merek kendaraan dan jenis kendaraan dan yang lebih baik lagi adalah steering column sudah mengalami perkembangan di keamanan agar pengemudi dapat selamat walaupun mengalami hal yang tidak di inginkan seperti kecelakaan
Bagian-Bagian Steering Column :
- Steering wheel
- ignition switch
- upper bearing assembly
- steering column
- dash mount
- steering shaft
- lower shaft bearing
- universal jount
- firewall mount
- dan mungkin ada beberapa bagian lagi karena terus mengalami perkembangan
Jenis Steering Column :
Jenis Collapsible
Jenis collapsible lebih mementingkan keselamatan, jadi bila pengemudi mengalami kecelakaan seperti menghantam benda keras maka otomatis steering column akan runtuh atau terlipat dan dorongan kedepan akibat kecelakaan dapat diserap dan keselamatan pengemudi lebih terjamin.
Jenis Non Collapsible
Konstruksi dari steering column jenis non collapsible lebih sederhana dan lebih kuat dan kerugiannya adalah jenis non collapsible tidak dapat terlipat atau runtuh apabila terjadi kecelakaan. Hal ini dapat berbahaya jika terjadi benturan keras antara pengemudi dan roda kemudi
Steering Gear
Seperti pada dua jenis komponen sistem kemudi di atas yaitu rack and pinion dan recilculating ball.Steering gear model worm dan sector roller
Anda dapat melihat steering gear jenis worm dan sector roller dibawah ini, tampak ada roda gigi yang disebut sector roller seperti di bawah ini. Di sector terdapat roda gigi lagi yang disebut roller.
Model Worm and Sector
Model ini mirip dengan worm and sector roller, perbedaannya adalah di jenis ini tidak memakai roller melainkan sector berhubungan langsung dengan worm gear. Anda dapat membandingkan dengan gambar model worm and sector roller di atas dengan gambar dibawah ini.
Model Screw Pin
Kalau model ini adalah ulir worm yang terdapat pin. Jadi jika worm diputar maka pin akan bergerak mengikuti alur dari ulir worm hingga dapat memutar roda kekanan atau kekiri
Model Screw dan Nut
Jika mainshaft diputar ke kanan atau kekiri maka otomatis ulir di mainshaft akan bergerak yang kemudian akan menyebabkan nut ikut bergerak mengikuti alur hingga menggerakan lever kekanan atau kekiri
Model Recilculating Ball
Model ini mirip dengan model screw and nut dan model worm and sector, hehe. karena dalam Recilculating ball terdapat Nut dan Sector dan didalam Nut juga terdapat bola-bola baja yang berfungsi agar bila mainshaft digerakan maka bola baja akan bergerak mengikuti alur dari ulir mainshaft hingga Nut ikut bergerak dan juga Nut akan menggerakan Sector hingga roda dapat digerakan kekanan dan kekiri. Kelebihan model ini adalah didalam wadah recilculating ball terdapat oli yang dapat diganti secara berkala dan komponennya dapat diganti dan itu membuat komponen ini tidak mudah aus dan awet.
Model Rack and Pinion
Prinsip dan cara kerja dari model ini sangat sederhana yaitu gerakan berputar dari pinion akan diterima oleh rack hingga dapat menggerakan roda kekanan ataupun kekiri. Kelebihan model ini adalah sudut belok yang tajam dan akurat dan cocok untuk kendaraan kecil seperti mobil pribadi
Pengertian Steering Linkage
Menurut wikipedia steering linkage memiliki pengertian adalah bagian dari sistem kemudi yang terhubung dengan roda depan. Jadi steering linkage adalah semua komponen yang termasuk dengan sistem kemudi. Steering linkage sendiri ada dua jenis yaitu untuk suspensi independen dan untuk suspensi rigid.
Bentuk steering linkage bisa saja berbeda dari satu mobil dengan mobil lainnya dan menurut saya istilah "Steering Linkage" malah cenderung diartikan sebagai tie rod.
Berikut gambar mengenai Steering Linkage
Ball-Crank Steering Linkage |
Steering Linkage Model Rack and Pinion |
Wikipedia.org
http://torquespecs.tripod.com/mustang_1994-98_sus-strg.htm
http://m-edukasi.kemdikbud.go.id/online/index.php?idkarla=61
Google images and other site.
Demikian Artikel Informasi Teknologi Materi Lengkap Sistem Kemudi TKR Otomotif teknomediatama.blogspot.com
kami buatdan sekian artikel Informasi Teknologi Materi Lengkap Sistem Kemudi TKR Otomotif teknomediatama.blogspot.com kali ini, mudah-mudahan bisa memberi manfaat untuk anda semua. baiklah, sampai jumpa di postingan artikel lainnya.
Anda sekarang membaca artikel Informasi Teknologi Materi Lengkap Sistem Kemudi TKR Otomotif teknomediatama.blogspot.com dengan alamat link Informasi Teknologi Materi Lengkap Sistem Kemudi TKR Otomotif teknomediatama.blogspot.com
Barang yg kami tawarkan blum memiliki stempel bea cukai Indonesia sehingga harga agak mirim & barang kami jamin ASLI/ORIGINAL bukan barang KW/Reflika.
ReplyDeleteKondisi:
Baru & Masi Tersegel.
Produk 100% ORIGINAL
Kelengkapan :
1 Unit HP *Dusbuk *Charger *Kabel Data *Headshet *Batrey dll
- Barang dan Aksesoris 100% original (Tidak original bisa di retur atau uang 100% kembali)
WARNING!!!!!
Sebelum Transaksi Konfirmasi Dulu Lewat...
CALL/WA:0822 9107 7305
PIN BB: DA2ADAE1
Format Pemesanan:
1.Nama:
2.Alamat:
3.Provinsi:
4.Type Brng:
5.No Hp:
6.Kode Pos:
7.Hrga:
Kirim Ke WA/BBM
WA: 0822 9107 7305 BB: DA2ADAE1
IPHONE
IPHONE 5s 32 GB Rp 950.000
IPHONE 6S Plus 32 GB RP 1.200.000
IPHONE 6S Plus 64 GB RP 1.2000.000
IPHONE 6S Plus 128 GB RP 1.300.000
IPHONE 6 Plus 64 GB RP 1.200.000
IPHONE 6 Plus 128 GB RP 1.300.000
IPHONE 7 Plus 32 GB RP 1.200.000
IPHONE 7 PLUS 128 GB RP 1.500.000
IPHONE 7 PLUS 256GB RP 1.800.000
SAMSUNG
GALAXY S8 + 128 GB RP 1.700.000
GALAXY S8 64 GB RP 1.400.000
GALAXY S7 EDGE 64 GB RP 1.300.000
GALAXY S7 EDGE 32 GB RP 1.300.000
GALAXY S6 EDGE 64 GB RP 1.200.000
GALAXY NOTE 7 64 GB RP 1.300.000
GALAXY NOTE 5 32 GB RP 1.100.000
GALAXY A9 Pro 32 GB RP 1.200.000
GALAXY A8 32 GB RP 1.10.000
GALAXY A5 32 GB RP 9500.000
GALAXY C9 32 G RP 1.200.000
GALAXY C7 32 GB RP 1.000.000
GALAXY C5 16 GB RP 850.000
GALAXY J7 PRIME/PRO RP 1.000.000
GALAXY J5 2016 RP 900.000
GALAXY J3 2016 RP 700.000
GALAXY J2 2016 RP 650.000
OPPO
oPPO R9 Plus RP 1.100.000
OPPO F3 Plus Rp 1.100.000
OPPO F1 PLUS RP 900.000
OPPO F1s 32 GB RP 800.000
OPPO A39 RP 750.000
OPPO A37 RP 700.000
OPPO NEO 7 RP 600.000
XIAOMI
XIAOMI MI5 RP 1.000.000
XIAOMI NOTE 4 RP 800.000
XIAOMI MI4s RP 800.000
XIAOMI MI3S RP 700.000
VIVO
VIVO V5 PLUS RP 1.000.000
VIVO V5 32GB RP 800.000
SONY
SONY XPERIA Z5 RP 1.100.000
SONY XPERIA C5 Rp 900.000
SONY XPERIA Z3 RP 800.000
SONY XPERIA Z2 RP 800.000
ASUS
ZENFONE 3 DULUXE RP 1.100.000
Zenfone 2 Laser ZE550KL Rp 750.000
Asus Zenfone Max RP 950.000
Asus Zenfone 2 Deluxe Rp 850.000
CANON DSLR
CANON 1100D Full set RP 1.100.000
CANON 1200D Full set RP 1.100.000
CANON 1300D Full set Rp 1.200.000
CANON 600D Full set RP 1.300.000
CANON 700D Full set RP 1.300.000
CANON 60D Full set RP 1.400.000
CANON 70D Full set RP 1.500.000
Catatan Kecil :
Untuk Pembelian barang , kami hanya menerima pembelian melalui online ( NO COD ). Alasannya adalah barang yang dijual disini adalah barang yang tidak melewati pajak bea cukai sehingga harga lebih murah dan termasuk Ilegal jangan kuatir produk yg kami tawarkan 100% ORIGINAL.
keren min informasinya ini lengkap dan sangat menambah wawasan...
ReplyDeletepower supply hp